LIBREOFFICE
IMPRESS
1. Pengertian
Libreoffice Impress
LibreOffice Impress adalah
salah satu aplikasi office yang digunakan untuk membuat
dokumen presentasi. Aplikasi Impress mirip
dengan PowerPoint dan mendukung format Power-Point sehingga jika
anda sebelumnya telah membuat dokumen presentasi dengan PowerPoint anda
masih tetap dapat membuka di LibreOffice Impress.Jendela Libre Office
Impress sedikit banyak mirip dengan Microsoft Power Point.
2.
Kelebihan
dan Kekurangannya
Kelebihan:
·
Softwarenya
gratis atau OpenSource.
·
Kompatibel
dengan Microsoft Office dan format office lainnya.
·
Ekspor
ke PDF dan format lain dengan mudah.
·
Interface menarik
dan mudah digunakan.
Kekurangan:
·
OpenOffice
terkenal rakus dengan daya komputer, selalu membutuhkan komputer dengan spek
yang lumayan tinggi.
·
Open
Office mampu membuka file Office, tapi Office tidak bisa membuka file
OpenOffice. Namun file Office yang dibuka pun terbatas, dan tidak selalu sama
tampilannya bila dibuka dengan Office 2007 kadang-kadang malah jadi berantakan.
3.
Cara
Penggunaannya
A. Membuat dokumen Persentasi
1. Membuat Presentasi Baru
Kita dapat memulai
menggunakan Impress dengan beberapa cara:
·
Dari Start Menu Application, pilih
LibreOffice Impress
·
Apabila sebelumnya anda telah membuka
OpenOffice apa saja, klik segitiga kecil disamping icon new, selanjutnya pilih
Presentation, Selanjutnya muncul dialog autopilot
·
Empty
presentation : membuat presentasi baru dari layar
kosong
·
From template
: membuat
presentasi baru dari template yang sudah tersedia
·
Open existing
presentation : melanjutkan pekerjaan yang telah
dikerjakan sebelumnya Jika anda klik next maka akan muncul dialog “slide design”,
pilih salah satu yang anda inginkan, klik next untuk melanjutkan atau langsung
klik “create” untuk langsung membuat presentasi. Jika anda klik next, maka akan
muncul dialog “slide transition”. Effect dan speed digunakan untuk mengatur
animasi pada saat perpindahan slide. Klik “create” untuk mengakhiri autopilot
2. Menyisipkan Slide Baru
Untuk menyisipkan
slide, klilk insert ==> slide
tab “new slide” muncul di bagian bawah
workspace. Klik sebuah tab untuk
memunculkan slide yang dikehendaki.
3.
Slide Views
Ada lima macam slide
views:
·
Normal : menampilkan penyuntingan
presentasi dalam tampilan aslinya
·
Outline view : menampilkan judul-judul
topik bagi slide-slide presentasi, untuk mengedit dan mengatur slide dengan
merestruktur ulang garis luar
·
Notes view : meliputi catatan-catatan
ekstra yang tidak terlihat ketika presentasi ditampilkan
·
Slide shorter : berisi daftar slide yang
telah dibuat
4. Memformat Halaman
Untuk memformat
halaman, klik format ==> page. Pada dialog yang muncul, anda dapat mengubah
format, orientasi, dan margin.
5. Menjalankan Slide
Untuk menampilkan slide
presentasi:
·
Pilih slide show> slide show untuk
memulai slide show
·
Gunakan tombol anak panah arrow keys untuk menuju slide
selanjutnya atau kembali ke slide sebelumnya. Anda juga dapat mengklik mouse
atau menekan spacebar untuk menuju slide selanjutnya.
·
Ketika slide terakhir muncul, pesan “click
to exit” akan muncul. Klilk mouse atau tekan sembarang tombol untuk keluar.
B.
Mengatur Tampilan
6. Menyisipkan teks
Klik
ikon Text pada main toolbar. Drag dan lepaskan hingga muncul textbox.
7. Membuat Bulletted/Numbered Lists
Untuk membuat teks
dengan bullet atau numbering, pilih sebuah autolayout yang
memiliki numbered list
Untuk memformat tipe bullet, klik format
> bullets and numbering, pilih style yang
anda suka, klik OK. tips:
·
Press Shift + Enter untuk memulai
baris baru tanpa bullet
·
Klik tab untuk membuat sub point
8. Mengganti Latar Belakang Slide
Untuk mengganti latar
belakang slide:
·
Pilih format > page. Kotak dialog
Page setup akan muncul dengan dua tab: page dan background.
·
Klik tab background
·
Buatlah setting yang anda inginkan, klik
OK
C.
Transisi Slide dan Animasi
Efek animasi akan
memberikan nuansa tersendiri dalam presentasi. Presentasi terasa profesional
sehingga menambah nilai lebih selain dari pada materi presentasi itu sendiri.
Anda dapat mengatur perpindahan antara slide-slide presentasi, mengatur
waktu maupun mengatur efek animasi dari isi presentasi itu sendiri.
9. Transisi antarslide
Slide animations dapat
diihat pada Task Pane | Slide
Transitions. Untuk menciptakan
animasi pada saat perpindahan antar slide.
a)
Efek Perpindahan Antar slide Pada
Task Pane, pilih slide Transition. Dalam modus slides pane atau slide sorter, pilih slide yang
diinginkan untuk diterapkan efek perpindahan. Apabila mengingikan efek perpindahan untuk semua slide yang ada, kita
tidak perlu melakukan seleksi. Selanjutnya
kita dapat memilih efek transisi yang diinginkan untuk seluruh slide yang ada,
seperti gambar disamping. Kustomisasikan
efek perpindahan pada bagian Modify transition, pada bagian ini kita dapat
mengubah kecepatan dan memberikan suara tambahan. Apabila anda mengingikan
suara efek suara terus dimainkan berulangulang, beri tanda cek (√) pada bagian
Loop until next sound. Klik tombol Apply
to All slides untuk menerapkan pengaturan efek perpindahan slide yang
kita inginkan. Tekan tombol Play untuk meninjau kembali tampilan
efek perpindahan antar slide yang telah kita buat sebelumnya. Tekan tombol slide Show untuk memulai slide show
sehingga dapat melihat keseluruhan transisi slide.
b)
Menghilangkan Efek Transisi slide,
pilih slide yang diinginkan, kemudian pilih No Transition pada bagian list
slide Transition di Tasks pane
c)
Memulai Efek Animasi, ada 3 aksi
yang dapat digunakan untuk memulai efek animasi :
·
Pertama On click : Efek animasi
akan berhenti dan akan mulai lagi apabila mouse di klik
·
Kedua With previous : Efek
animasi berjalan bersamaan dengan efek animasi sebelumnya
·
Ketiga After previous : Efek
animasi berjalan segera setelah efek animasi sebelumnya berakhir .
10. Memberikan Efek Animasi
Langkah-langkah
menambahkan animasi pada isi slide presentasi adalah :
a.
Buat teks/ dokumen slide presentasi
b.
Blok teks tersebut, pilih menu klik Task Pane (label 1) atau slide Show | Custom Animations
c.
klik Add (label 2) untuk menambahkan
animasinya, klik Entrance dan
pilih tipe animasi (label 3). Pada teks presentasi dapat diatur berganti
berwarna ketika muncul pada slide, klik Emphasis dan pilih tipenya bila ingin diatur pergantian warna teks.
d.
Untuk membuat animasi pada teks ketika
dijalankan dapat diatur pengaturan animasi tersebut sesuai dengan keinginan.
Misalnya pada Start pilih On Click (label 4), Direction pilih vertikal (label 5), Speed pilih very fast (label 6), dan pada label 7 adalah keterangan urutan
teks tersebut ketika dijalankan.
e.
Klik Play untuk melihat atau meninjau teks animasi tersebut sementara slide Show akan memperlihatkan secara
keseluruhan teks animasi tersebut.
D.
Mencetak Dokumen Persentasi
Untuk mencetak dokumen,
impress menyediakan beberapa pilihan; seperti mencetak
satu slide per halaman, mencetak dengan
catatan, outline, waktu dan tanggal serta dengan beberapa pilihan mencetak
lainnya.
·
Pengaturan ini dapat dilakukan melalui
menu File | Print untuk
menampilkan kotak dialog print.
·
Untuk beberapa pilihan apa saja yang
ingin dicetak pada dokumen pilih Options
pada bagian kiri bawah. Berikut keterangan bagian-bagian pilihan untuk
mencetak dokumen presentasi;
1) Quality
·
Default mencetak file presentasi secara
default. Sesuai dengan warna yang dimilik.
·
Printer dan warna yang diberikan pada
file presentasi
·
Grayscale, menganggap yang dimiliki file
presentasi hanya memiliki satu warna saja. Jadi hasil yang dicetak tidak
berwarna.
·
Black & white mencetak warna putih,
hitam, dan grayscale namun tidak mencetak bagian yang berwarna.
2) Print
·
Page name, ketika mencetak juga
menyertakan nama slide pada tiap halaman.
·
Date, ketika mencetak juga menyertakan
tanggal saat tersebut pada tiap halaman.
·
Time juga mencetak menyertakan waktu
saat tersebut
·
Hidden pages juga mencetak halaman slide
yang diberi tanda (mark) hidden pada presentasi
3) Page Options
·
Default, mencetak sesuai dengan ukuran
default.
·
Fit To Page, mencetak pas pada halaman
kertas, apabila ukuran slide kecil maka akan dicetak pas para kertas
·
Tile Pages, Apabila halaman slide lebih
kecil maka dimungkinkan terdapat beberapa slide yang dicetak pada satu halaman
·
Brochure, mencetak dengan model brosur
·
Klik Pengaturan Halaman, untuk mengatur tata letak dan jenis kertas.
·
Dokumen presentasi dapat dicetak dengan
beberapa halaman halaman tertentu pada 1 lembar cetakan.
·
Mengatur orentasi serta ukuran kertas,
klik pada bagian Properties
·
Pada options Tugas, dokumen dapat diatur status daftar prioritas penting atau
dapat menunda cetakan pada waktu tertentu.
·
Resolusi Kualitas gambar di atur sini,
contoh gambar diatur oleh “Printout
Mode”
·
Options terakhir adalah options diperluas (general) yang mengatur printout
mode, brightness, contrast dan lain sebagainya.
E.
Mengekspor dokumen presentasi ke
format lain
a. Ekspor File Dokumen OpenOffice ke PDF (Portable
Document Format) LibreOffice mempunyai
fasilitas untuk mengekspor file ke portable document format atau yang
lazim dikenal dengan sebutan PDF. Fasilitas ini sudah terintegrasi secara otomatis
ketika LibreOffice tersebut terinstall ke sistem, dengan demikian tidak
perlu lagi melakukan instalasi tambahan fungsi ini. Fasilitas ekspor file ke
PDF dapat dilakukan secara terkontrol untuk mengatur kualitas serta melakukan
proteksi terhadap dokumen tersebut.
b. Eksport File Dokumen Tidak Terkontrol Cara
ini yang paling sederhana dan cepat untuk menyimpan file dokumen dalam format
PDF. Cukup klik pada icon pada bagian toolbar dengan settingan default.
c. Eksport File Dokumen Terkontrol Cara
ini adalah cara pengaturan penyimpanan / eksport file dokumen ke dalam
format PDF secara terkontrol misalnya pengaturan beberapa halaman yang di
eksport ke PDF, pengaturan kompresi image serta pengaturan kode sandi
(password) pada dokumen. Berikut ini langkah-langkah Eskport fle ke PDF
secara terkontrol yaitu :
1.
Klik menu File | Eksport as PDF sehingga muncul kotak dialog tampilan PDF Options, dimana terdapat 5 bagian
opsi dan masing-masing opsi tersebut memiliki fungsi yang berbeda yang dapat
ditentukan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Bagian General terdapat beberapa pilihan yaitu Range, Image dan General.
a)
Bagian
Range , menentukan halaman mana saja yang akan
eksport ke PDF All, seluruh dokumen akan di eksport menjadi PDF Pages,
eskpor sebagian halaman menjadi PDF Selections, mengekspor semua bagian
pada file yang terseleksi ke PDF
Bagian Images
,
menentukan pengaturan kwalitas gambar bila di ekspor ke PDF Lossless
compression, gambar yang dieskpor menjadi PDF kualitasnya sama dengan pada
file aslinya, gambar pada PDF akan terlihat bagus, namun ukuran file akan
menjadi lebih besar JPEG compression, pengaturan tingkat kualitas gambar
pada file PDF sesuai dengan kebutuhan. Kualitas gambar terlihat menurun namun
ukuran file dapat ditekan. Reduce image resolution mengurangi DPI (Dots
Per Inch) gambar aslinya pada file PDF. Di sini kualitas gambar juga
menjadi berkurang.
b) Bagian General
Tagged
PDF,
menyertakan tag-tag khusus dalam tag PDF yang sesuai. Beberapa tag yaitu
mengeksport daftar isi, hyperlinks dan controls. Namun pilihan ini
dapat memperbesar ukuran file Export notes, mengeskport catatan pada
dokumen Writer atau Calc sebagai catatan PDF. Export bookmarks,
mengeksport headings sebagai 'bookmark' pada PDF Create PDF form -
Submit format Export automatically inserted blank pages : bagian ini
tidak digunakan pada impess Create hybrid file, membuat file hybrid
2.
Bagian Initial Views. Pada bagian ini berfungsi untuk meng-inialisasi
tampilan atau
3.
menentukan bagaimana file tersebut
ditampilkan pada saat dibaca oleh PDF viewer. Opsi dibagian ini terdiri atas Panes,
Magnifaction dan Page Layout
4.
Bagian User Interface, mengatur pengaturan yang dapat dilakukan pada saat
PDF viewers menampilkan file PDF tersebut. Beberapa pilihan sangat
berguna apabila kita membuat PDF yang akan digunakan sebagai file presentasi
atau display
5.
Bagian Window
options
·
Resize window to initial page,
jendela PDF viewer akan sesuai dengan besar halaman pertama file PDF
tersebut
·
Center window on screen, jendela
PDF viewer akan otomatis terletak pada bagian tengah layar computer
·
Open in full screen mode, jendela
PDF viewer akan otomatis membuka dengan modus fullscreen
·
Display document title,
jendela PDF viewer akan menampilkan judul dokumen pada bagian tittle
bar.
6. Bagian User interface options
·
Hide menu bar, jendela PDF viewer
akan menyembunyikan menu bar secara otomatis.
·
Hide toolbar, jendela
PDF viewer akan menyembunyikan toolbar secara otomatis.
·
Hide window controls,
jendela PDF viewer akan menyembunyikan jendela control, termasuk
·
efek khusus pergantian slide pada
impress
7.
Bagian Links dimana salah satu
fungsi bagian ini mengatur link dokumen secara cross.
8.
Bagian Security dapat diatur
penerapan kode sandi / password untuk mengenkripsi dokumen PDF. File PDF yang
sudah di sandikan (password) hanya dapat dibuka dengan menggunakan password
permissions, file PDF dapat dibaca oleh semua orang, namun dengan ijin
terbatas dengan mengaktifkan open password dan permission password, file PDF hanya
dapat dibaca dengan memasukkan password dan dengan ijin yang terbatas
9.
Mengekspor
ke file flash
·
Pilih file> export
·
Pilih lokasi dan nama file
·
Pada file format, pilih macromedia flash
(.swf)
·
Klik save
10. Mengekspor ke file html
·
Pilih file> export
·
Pilih lokasi dan nama file
·
Pada file format, pilih HTML document(Libre
Office Impress)(.html;.htm).
·
Klik save
4.
Implementasinya
Aplikasi ini sering digunakan untuk
kegiatan perkantoran maupun kegiatan pribadi, Aplikasi ini mudah di dapat
karena aplikasi ini gratis, jika anda ingin mendapatkannya anda bisa langsung
mendownloadnya sendiri di browser anda. Aplikasi ini juga mudah untuk digunakan, hampir semua kebutuhan untuk
persentasi disediakan di aplikasi ini. Kebanyakannya aplikasi ini dignakan
untuk persetasi diperkantoran-perkantoran.
Komentar
Posting Komentar